• Jl. Tg. Uban Km. 40 Kp. Kangboi, Kode Pos 29153
  • desatoapayautara@gmail.com

Pasca Banjir Kangboi, Pemdes dan Lembaga Desa Toapaya Utara Kompak Gotong Royong

11 Januari 2021 admin Desa Toapaya Utara Penanggulangan Bencana Dibaca 184 Kali

Toapaya Utara - Cuaca extrem sedang melanda wilayah Kabupaten Bintan dan sekitarnya. Tidak terkecuali di wilayah Desa Toapaya Utara. Setelah di awal tahun 2021 lalu terjadi banjir akibat hujan deras yang terus mengguyur, Minggu 10 Januari 2021 Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya kembali terendam banjir.

Banjir hingga setinggi 1,5 meter merendam rumah warga yang berada di tiga RT di wilayah Desa Toapaya Utara, yaitu di RT.003/002, RT.004/001, dan RT.005/002. Bahkan akses jalan yang menuju Tanjung  Uban maupun Tanjungpinang sempat terputus beberapa jam dikarenakan banjir tersebut.

Baca Juga : Kampung Kangboi Toapaya Utara Terendam Banjir, Kades Bantu Evakuasi Warganya

Pasca Banjir di wilayah tersebut, pada hari Senin 11 Januari 2021 Pemerintah Desa (Pemdes) Toapaya Utara bersama Lembaga Desa dan masyarakat melaksanakan kegiatan Gotong Royong guna untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir.

Pasca Banjir Kangboi, Pemdes dan Lembaga Desa Toapaya Utara Kompak Gotong RoyongSalah satu mobil warga yang sedang dievakuasi saat banjir menerjang wilayah Desa Toapaya Utara, Minggu (10/01/2021)

"Hari ini Pemerintah Desa Toapaya Utara bersama Lembaga Desa, baik itu BPD, LPM, PKK, Karang Taruna, RT dan RW melaksanakan kegiatan gotong royong untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir pada hari Minggu semalam. Mudah-mudahan hal ini bisa membantu meringankan warga yang terdampak banjir," kata Sayet, Kepala Desa Toapaya Utara yang langsung mengomandoi kegiatan Gotong Royong tersebut.

Sementara itu, dalam menanggapi cuaca extrem yang sedang melanda wilayah Kabupaten Bintan, Sayet menghimbau kepada warga Desa Toapaya Utara untuk selalu waspada dan tetap siaga apabila terjadi hujan deras yang berjam-jam.

Pasca Banjir Kangboi, Pemdes dan Lembaga Desa Toapaya Utara Kompak Gotong RoyongAkses jalan sempat terputus dikarenakan tingginya air yang merendam jalan di Km. 38 Desa Toapaya Utara

"Saya sudah menghimbau kepada warga, terutama yang berada di wilayah rawan banjir ini untuk tetap waspada dan siaga apabila terjadi hujan yang deras dalam waktu yang lama. Hal ini mengingat cuaca yang extrem dan tidak menentu," katanya.

"Kami selaku Pemerintah Desa juga turut siaga, termasuk juga mendirikan dapur umum untuk membantu konsumsi warga yang terdampak banjir. Semoga cuaca di wilayah Kabupaten Bintan kembali membaik dan tidak ada lagi banjir," harapnya. (DP)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar